Akrilik Express

Jl.KH. Hasyim Ashari No.45 Tangerang, Banten - 15119
Phone : 021 222 63 999
Phone II : 021 222 63 888
Mobile : 0812 1384 8845
Email : info@akrilikexpress.com 

Akrilik Express

Jl.KH. Hasyim Ashari No.45 Tangerang, Banten - 15119
Phone : 021 222 63 999
Phone II : 021 222 63 888
Mobile : 0812 1384 8845
Email : info@akrilikexpress.com 

icon-home
icon-hotel
industrial
icon-restoran
office
button-view-more
color-acrylic

Perbedaan Acrylic, Plastik & Plexiglass

Apa sih sebenarnya perbedaan antara akrilik / acrylic dan plexiglass serta plastik, dan apa bahan yang paling banyak digunakan pada produk custom buatan Akrilik Express? Kami berikan penjelasan tentang konsep dan melihat berbagai kelebihan dan kelebihan material material tersebut.

PLASTIK
Plastik adalah istilah generik untuk kelompok besar bahan semi sintetis atau sintetis. Plastik terutama terdiri dari satu atau lebih polimer dicampur dengan aditif. Polimer adalah molekul besar yang terdiri dari banyak molekul identik kecil yang terikat bersama untuk membentuk rantai panjang. Molekul pengulangan kecil ini dikenal sebagai monomer. Dengan memvariasikan aditif yang digunakan, sifat monomer dan berapa lama rantai polimer adalah seseorang dapat memperoleh berbagai jenis plastik dengan berbagai kegunaan yang berbeda. Ini, dan juga fakta bahwa plastik menjadi lebih mudah dan mudah untuk didaur ulang, telah mengakibatkan plastik menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat modern.

Plastik dibagi menjadi dua kelompok utama: Termoplastik dan polimer termosetel. Termoplastik adalah plastik yang setelah terbentuk dapat dicairkan lagi dan digunakan kembali. Polimer thermosetting, bagaimanapun tidak dapat dicairkan lagi setelah diobati tanpa struktur kimianya dihancurkan.

AKRILIK / ACRYLIC
Salah satu termoplastik yang paling umum adalah akrilik. Nama kimia untuk itu adalah polymethyl methacrylate (PMMA). PMMA ditemukan pada tahun 1933 oleh Otto Röhm, pendiri perusahaan plastik Röhm dan Haas. Röhm mencoba membuat laminasi antara dua piring kaca untuk meningkatkan ketahanan kaca, namun ia mendapati bahwa ia telah mengembangkan material seperti kaca yang sama sekali baru. Lembaran akrilik mudah dilekatkan dan bagus untuk penggilingan, pembengkokan dan pembentukan panas dan oleh karena itu merupakan bahan yang cocok untuk berbagai aplikasi. Materi tersedia untuk penggunaan komersial pada tahun 1936 di bawah merek dagang Plexiglas® yang dilindungi.

PLEXIGLASS
Jadi, yang biasa dikenal dengan “Plexiglass”, sebenarnya adalah merek akrilik / acrylic (PMMA). Selama bertahun-tahun, Plexiglas® telah dikembangkan untuk mencakup berbagai area aplikasi. Dalam desain dasarnya sama sekali tidak berwarna dengan sifat optik yang sangat baik, namun materialnya bisa diwarnai dalam berbagai warna yang tak terbatas. Saat ini PMMA (“plexiglass”) dijual dengan berbagai nama, termasuk Acrylite, Lucite dan Perspex.

 

JENIS PLASTIK LAINNYA

Polycarbonate (PC)

Termoplastik transparan dengan daya tahan luar biasa yang dijual dengan merek yang berbeda termasuk Makrolon dan Lexan. Karena PC mudah bekerja, cetakan dan thermoform digunakan untuk berbagai keperluan, di industri konstruksi dan untuk pengaman kaca antara lain. PC terlihat sangat mirip PMMA / plexiglass, namun lebih kuat dan bisa ditekuk pada suhu kamar.

Polivinil klorida (PVC)

Salah satu plastik yang paling banyak digunakan ditemukan dalam berbagai aplikasi di masyarakat kita, seperti bahan lantai, selang dan pipa untuk suplai air dan saluran air limbah.

Polyethylene terephthalate (PET / APET)

Milik poliester kelompok dan merupakan salah satu plastik yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi utama meliputi serat sintetis untuk pakaian dan wadah untuk cairan, tapi juga untuk kemasan makanan.

PETG

Jenis PET yang dimodifikasi, dengan perbedaan signifikan bahwa PETG mengandung glikol. Dengan memodifikasi PET menjadi PETG, material dapat menahan suhu yang lebih tinggi tanpa mengkristal, menjadi rapuh dan putih. PETG tahan benturan dan memiliki sifat thermoforming yang sangat baik. PETG juga cocok untuk pencetakan digital dan karena itu merupakan bahan yang sesuai untuk display produk, material signage dan display.

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)

Termoplastik berbasis amorf berbasis amorf dengan ketahanan benturan tinggi dan kekakuan dan sifat yang baik untuk thermoforming. ABS digunakan untuk misalnya penjaga mesin, kotak atap dan periklanan dan jenis plastik yang paling populer ketika menyangkut aplikasi elektronik atau teknik.

 

*Dikutip dari berbagai sumber

Bagikan ini :